February 22, 2011

Job Fair

Wah lama gag ngeblog nie,..lagi banyak kerjaan jadi tertelantarkan , sebagai konsekuensinya rank nya harus turun hiks hiks,...harus rela,..namanya juga gag konsisten, hwe hwe....

kali ini ngebahas apa ya,. kegiatan Job Fair saja deh , 
Bulan Depan kampus saya ngadakan acara Job Fair dan kebetulan saya di daulat jadi Public Relation, 

Meskipun hanya terdiri dari panitia kecil tapi beban kita luar biasa gedhe , Paling tidak untuk membentuk sebuah kepanitaan job fair harus ada ketua, sekretaris, bendahara , public relation, koord. lapangan, kesekretariatan, keamanan, publikasi dan acara. Sekedar berbagi cerita aja bagi teman teman yang mungkin juga lagi berencana mengadakan kegiatan serupa.  Secara garis besar Job Fair adalah kegiatan dimana berfungsi untuk mempertemukan Job Seeker (Pencari Kerja ) dengan Perusahaan yang membuka lowongan Pekerjaan. Job Fair tak lebih ramai dari pameran atau bazar pada umumnya hanya saja pengunjung akan sangat jauh berbeda dengan penjunjung pameran komputer atau bazar buku. hehe. Karena ditanggung pada rapi rapi semua. 

Untuk konsep Job Fair yang besok kita adakan , Pengujung tidak dikenakan biaya masuk hanya gathering info aja sebagai bukti bahwa dia sudah mendaftar, jadi meski gratis masuknya gag asal. Dari segi Institusi yang gabung juga gag dikenakan biaya (cos perdana) promosi ceritanya  hehe. Hal ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan yang baik dulu dengan perusahaan demi kerjasama dalam jangka lama. Namun demikian fasilitas dan service yang kita berikan gag boleh tanggung tanggung lo. Yang jelas  comfort dan absolutely welcome.
Untuk itu kita butuh tambahan panitia untuk mendampingi masing masing perusahaan demi memberikan service yang baik.

Sebaiknya sebelum melakukan publikasi kegiatan kita harus fixkan dulu nama - nama perusahaan yang akan kita pajang di Job Fair, hampir semua pengunjung akan memperhitungkan perusahaan perusahaan ternama untuk didatangi terlebih dahulu. Ini ni kerjaan saya harus kontak kontak perusahaan buat nanyakan kesanggupan buat jadi peserta. Agak kesulitan juga karena proposal yang kita masukkan juga dah agak mepet sih 2/3 bulan sebelumnya. Padahal untuk rekruitmen semacam ini bisa jadi mereka telah mengganggarkan waktu dan dana pada bulan bulan tertentu saja. Ini kenapa seharusnya kita kontaknya jauh jauh hari. Waktu sudah menyangkut technical meeting nanti dalam penempatannya pun butuh trik, agar gag terjadi crowded hanya pada satu stand saja. 

Masalah perijinan juga perlu di pikirkan karena akan menyangkut hajat orang banyak kita butuh lapor ke kepolisian dan tentunya daerah setempat. 

Hal yang paling penting dari mengadakan sebuah event yaitu publikasi. Lakukan publikasi secara continues dan jangan mendadak bahkan ketika perusahaan - perusahaan nya tidak terlalu bonafide pun pengunjung tetap akan tertarik lho . Publikasi dapat dilakukan secara bertahap dan dengan beberapa media seperti brosur, sms, baliho, spanduk koran dan sebagainya tergantung dari dana yang dimiliki. Desain yang bagus memang akan membantu publikasi tapi gag terlalu menolong ketika gag informatif.


Mungkin sedikit info ini bisa bermanfaat buat teman teman , terutama yang lagi prepare acara seperti saya. good luck...:)

 
Free Host | lasik surgery new york