January 05, 2009

Belajar Bahasa Jepang yuk...

Bahasa merupakan salah satu hal yang menarik bagi saya. Oleh karena itu pada saat SMA dulu saya ambil jurusan bahasa yang kebetulan mendalami bahasa jepang. Setelah saya lulus dari SMA saya melanjutkan pada jurusan yang lain namun tetap aja mempelajari bahasa ( bahasa pemrograman) he he he…tapi kemudian saya kangen untuk belajar bahasa jepang lagi dan saya mengikuti kegiatan belajar bareng bahasa jepang bersama salah seorang sensei (guru) yang ada di daerah lingkungan kampus saya. Dengan biaya yang lumayan murah cukup dengan Rp.11 ribu untuk ganti fotocopy buku panduannya dan Rp.4rb untuk setiap bab nya saya bisa merasakan sistem pembelajaran beliau yang cukup komunikatif. Sayangnya perjalanan tersebut mendapat banyak halangan sehingga kami tidak sampai menyelesaikan pelajaran tersebut. Nah rasanya tidak cukup berlebihan jika pada kesempatan ini saya bisa membagi hasil belajar saya dalam blog saya ini. Dan juga sebagai rasa terima kasih saya kepada siti sensei (guru bahasa jepan sma saya) dan suharjito sensei guru bahasa jepang saya selanjutnya.
Oke pembelajaran kita mulai dari awal saja jadi kita bisa mengerti betul. (sambil saya mencoba mngingat-ingat) :p
Oke biar mudah saya akan bagi cara belajar kita menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah praktik dan bagian kedua adalah kosakata.
Pelajaran Pertama Watashi To Anata (Saya Dan Anda) part 1
Mari kita coba mempraktekan percakapan dibawah ini :

Praktek 1
Konnichi wa. (selamat siang )
Hajimemashite (diucapkan pada saat berkenalan maksudanya semoga ini menjadi permulaan yang baik)
Watashi wa Kogoromori desu (Perkenalkan saya Kogoromori )
Dozo yoroshiku. (Senang berkenalan dengan anda, di ucapkan pada saat berkenalan)
Watashi wa Nihonjin desu.(Saya adalah warga negara jepang)
Watashi wa sensei desu.(saya adalah seorang guru)
Kosakata :
Ohayo Gozaimasu: selamat pagi
Konnichi wa :Selamat siang (atau biasa digunakan untuk pembuka pada penulisan surat)
Komban wa :selamat malam.
Sayoonara :selamat berpisah (baik lama maupun tidak)

Oke kita lanjutkan dengan
Praktik 2
Anata wa Andi san desu ka? (Apakah anda Bpk/ Sdr. Andi?)
Hai, Watashi wa Andi desu. (Iya, saya Andi)
Anata wa Indonesiajin desu ka? (Apakah anda orang indonesia?)
Hai, so desu.(ya begitulah)
Anata wa sensei desu ka?(apakah anda seorang guru?)
Iie, so dewa arimasen. Watashi wa gakusei desu. (bukan , saya adalah seorang murid)

Kosakata 2:
Jin : orang, bangsa misal indonesiajin, nihonjin, furansujin=orang perancis, chugokujin=orang cina dan sebagainya
Sensei :guru ataudokter
San:dipakai untuk menghormati seseorang (siapa saa selain diri sendiri) dengan diucapkan dibelakang nama orang tersebut. Bisa berarti tuan, nyonya , nona, bapak dan sebagainya.
Hai: ya (dipakai bila kita mneyetujui sesuatu
So: begitu (dibaca panjang)
Iie: tidak
Nah berikut untuk bagian pertama selanjutnya tunggu postingan berikutnya :)

0 comments:

 
Free Host | lasik surgery new york