February 13, 2010

Mengenal Mysql

Pengertian MySQL
MySQL adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS), seperti halnya ORACLE, Postgresql, MS SQL, dan sebagainya.

Keunggulan MySQL
Penyebab utama MySQL begitu popular di kalangan Web adalah karena ia memang cocok bekerja di lingkungan tersebut.
Pertama, MySQL tersedia di berbagai platform Windows, Linux dan berbagai varian Unix.

Kedua, fitur-fitur yang dimiliki MySQL banyak dibutuhkan dalam aplikasi Web. Misalnya fungsi-fungsi builtinnya, mulai dari memformat dan memanipulasi tanggal, mengolah string, regex, enkripsi dan lain -lain.

Ketiga, High Speed
Sejak awal, MySQL dirancang untuk penggunaan yang intensif dan berkecepatan tinggi. Sesuai sekali untuk lalu lintas traffic internet yang kian hari kian padat.
Dan keunggulan lainnya yang dapat disimak di website resmi-nya. Untuk mendownloadnya klik link
http://dev.mysql.com/downloads/

Jenis perintah SQL
Perintah SQL dibedakan menjadi:

DDL (Data definition Languange)

Merupakan kelompok perintah yang digunakan untuk melakukan pendefinisian database dan tabel. Dengan kelompok perintah dalam DDL ini maka kita dapat membuat tabel, mengubah strukturnya, menghapus tabel, membuat indeks untuk tabel, dan lain-lain yang bermuara pada pembentukan struktur database.
Perintah-perintah SQL dalam DDL adalah:
Create
Alter
Drop

DML (Data Manipulation Languange)
Perintah SQL yang digunakan untuk melakukan manipulasi data dalam database.
Perintah-Perintah SQL yang digunakan adalah:
insert
update
delete
select

DCL (Data Control Languange)
Termasuk di dalam DCL adalah perintah untuk melakukan pendefinisian pemakai yang boleh mengakses database dan apa saja privelegenya.Secara umum DCL merupakan bahasa yang digunakan untuk melakukan pengelolaan pemakai yang dapat melakukan akses dan manipulasi database terutama perintah GRANT dan ReVOKE. Perintah untuk commit dan roll back merupakan kelengkapan fasilitas dalam pembuatan aplikasi yang memungkinkan suatu transaksi yang terjadi untuk dapat segera disimpan dan dibatalkan transaksinya.

0 comments:

 
Free Host | lasik surgery new york