February 22, 2010

Kiat nyaman di tempat kerja baru

Pindah kerja adalah soal biasa, apalagi jika itu demi perkembangan karier. Namun, tak selamanya pindah kerja itu mudah. Banyak hal yang harus dilakukan ketika memasuki tempat kerja baru. Dibutuhkan perjuangan yang tiak mudah agar kehadiran Anda betul-betul diterima dan dirasakan manfaatnya bagi perusahaan.
Belum lagi harus beradaptasi dengan lingkungan di tempat kerja yang baru, teman, dan suasana kerja yang baru. Apalagi jika di kantor lama Anda sudah “eksis.” Belum lagi, penerimaan bawahan atau rekan kerja Anda bisa jadi tidak seperti yang Anda bayangkan. Berikut beberapa kiat yang dapat dilakukan di tempat kerja baru:

  • Perhatikan Penampilan,Di tempat kerja baru, posisi Anda lebih tinggi, deskripsi kerja Anda juga berhubungan dengan orang banyak atau klien-klien besar. Bila ini yang terjadi, ada baiknya Anda sesuaikan penampilan dengan posisi baru tersebut. Jangan sampai salah kostum.
  • Jaga Sikap, Sikap awal yang baik akan memengaruhi sikap orang lain dalam memberikan penilaian terhadap Anda. Datanglah ke kantor setiap hari dengan senyum lebar dan ramah. Sapalah semua orang yang Anda jumpai dalam lingkungan tim kerja Anda, tak terkecuali office boy perusahaan.
  • Jangan Telat..,Anda harus mempersiapkan diri Anda menghadapi pekerjaan baru di tempat baru, termasuk mempelajari dan menyesuaikan dengan baik jam masuk dan pulang.
  • Teamwork Itu Penting, Tunjukkan sikap terbuka dan realistis dalam menghadapi bawahan, rekan kerja, termasuk atasan. Berbagilah informasi yang memang diperlukan untuk kebutuhan pekerjaan sebagai bagian dari kesatuan tim kerja yang baik. Pembuktian kapabilitas dan kecakapan kerja Anda tak hanya dilihat dari hasil akhir yang dicapai. Namun proses yang Anda jalani bersama tim Anda itulah yang menentukan kecakapan Anda dalam bekerjasama sekaligus menjadi pemimpin yang baik.
  • Kelola Pekerjaan, Biasanya, di tempat baru Anda juga dituntut mengikuti work flow dan prosedur yang ada. Bisa saja, 180 derajat berbeda dengan tempat kerja lama. Oleh sebab itu, pelajarilah setiap tugas yang diberikan secara seksama. Jangan pernah malu bertanya, sekalipun itu ke bawahan Anda sendiri.
  • Hindari Konflik Negatif, Bila ada yang menentang pendapat Anda, jangan diladeni dengan amarah atau emosi. Tetap berfikir jernih dan ajak setiap anggota tim untuk berpikir demi kepentingan perusahaan bersama, bukan semata hanya untuk unjuk gigi kebolehan di depan manajemen.
  • Hindari berGosip, Hindarilah sikap tidak terpuji dengan menyebarkan berita negatif tentang rekan kerja, atasan atau bawahan Anda kepada rekan yang lain dalam perusahaan Anda. Bersikaplah positif karena Anda dapat menjadi contoh yang baik bagi rekan yang lain. Dengan mengusung sikap terpuji, tidak bergosip atau bermain politik kantor, Anda pun akan terhindar dari masalah yang tidak penting yang bisa menjadi penghalang karier Anda.
  • Bangun networking…, Jangan hanya berkenalan dan menjalin networking antar-sesama tim kerja dalam satu divisi saja. Berkenalanlah dengan rekan-rekan dari divisi lain di perusahaan. Ini akan membuat Anda lebih nyaman bekerja. Saat meeting bersama yang melibatkan departemen atau divisi lain, Anda pun tak lagi kikuk lagi meminta bantuan. Binalah hubungan baik dengan semua orang dari beragam divisi yang ada, termasuk divisi yang tidak ada sangkut paut secara langsung dengan divisi Anda.
  • Jagalah Kebersihan,Sepertinya soal kebersihan ini adalah hal sepele. Tetapi jangan salah, kebersihan adalah cerminan dari diri kita. Jadi, usahakan semaksimal mungkin Anda menjaga kebersihan meja kerja Anda.

1 comments:

Bali Villa said...

Bagaimana menyesuaikan diri ditempat kerja yang baru, walaupun seseorang itu supel tapi belum tentu juga bisa menyesuaikan diri ditempat kerja yang baru...dan bagaiman penerimaan orang-orang yang ada dilingkungan kerja kita yang baru......kadang perasaan takut salah atau perasaan takut tidak diterima oleh lingkungan kerja yang baru sering sekali menghantui.....

Bali Villas, Bali Villa, Bali Property, Bali Prewedding Photography

 
Free Host | lasik surgery new york