December 08, 2010

Tips dan Kiat Menulis

Tak terasa sudah 100 lebih postingan di blog ini,..hmmm rasanya tak percaya bisa melakukannya. Mengingat bagaimana sulit dan malasnya saya waktu dulu memulainya. Tentunya saya merasa sangat bangga terhadap apa ya sudah saya lakukan sekarang ini, namun bukan berarti saya telah merasa puas terhadap hasil yang saya capai. 

Salah satu kendala utma saya adalah bagaimana membuat konten postingan di blog ini. Menulis bukanlah hal yang mudah bagi saya. Bagaimana mendapatkan bahasa yang tepat untuk para pembaca, apakah tulisan ini bermanfaat?  apakah bermutu ? bagaimana agar bahasa mudah dimengerti ?, apalagi blog ini sebagian besar berisi tutorial, misalnya untuk pemrograman java dan tips blogging. Berbagai pertanyaan di otak saya justru menyurutkan niat saya untuk menulis. Namun seiring dengan berjalannya waktu kesulitan itu akhirnya sedikit demi sedikit mulai pudar. 

Betul kata teman saya ,  bagaimana kiat kiat untuk menulis adalah tulis saja. Tulis saja apapun yang ingin anda tuliskan. Jangan terlalu terpaku dengan tata bahasa, ide paragraf atau apapun itu yang lebih bersifat teknis. Hal demikian bukannya tidak penting tetapi bagi seseorang yang baru mulai terjun ke dunia menulis ( misalnya saya) namun menurut saya lebih penting ketika saya mempunyai semangat untuk terus menulis. Menuliskan apa saja yang ada di otak saya. 

Lambat laun kesulitan mencari ide, bahasa yang digunakan, berangsur terpecahkan karena kebiasaan. Barulah ketika kita sudah terbiasa menulis, kita merasa senang ketika melakukannya, kita lakukan perbaikan perbaikan dalam tulisan kita. Sebenarnya saya sendiri pun belum sampai pada tahap ini. Tulisan saya sebagian besar masih berbeda dari satu postingan dengan postingan yang lain, yah anggaplah sedang mencari jati diri hehehe. Tapi bagaimanapun tulisan saya yang sekarang , paling tidak ‘orisinil’ dari saya ,..huehuehue…Dan demikian juga bagi sahabat pembaca yang mungkin juga mengalami hal yang sama dengan saya. Just keep posting. Temukan bagaimana menuangkan pikiran sahabat dengan kebiasaan posting . Semoga postingan kita semakin bermanfaat dan bermutu.

2 comments:

Obat Perangsang Wanita said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Obat Perangsang Wanita said...
This comment has been removed by a blog administrator.

 
Free Host | lasik surgery new york